Strategi Sempurna Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Menjalankan bisnis dengan modal kecil merupakan dambaan bagi kebanyakan orang. Mungkin Anda salah satunya?

Ya, selain bisa mengelola bisnis sesuai keinginan, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari sekedar menjadi pekerja kantoran biasa.

Strategi Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Strategi Sempurna Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Siapa bilang menjalankan bisnis itu mudah? Padahal, dalam perjalanan bisnis, kemungkinan besar Anda akan menemui berbagai kendala, seperti harga bahan baku yang mahal, pembeli toko yang kosong, hingga kekurangan modal.

Nah, bagi Anda yang ingin berbisnis namun merasa modal masih menjadi kendala, berikut 7 strategi jitu memulai bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda terapkan.

7 Tips Strategi Jitu Memulai Bisnis Anda

1. Tentukan Jenis Bisnis dan Lakukan Riset Pasar

Ada berbagai jenis bisnis yang bisa Anda jalankan, mulai dari restoran, restoran cepat saji, toko serba ada, barbershop & salon, dan masih banyak lagi. Mana yang paling cocok buat kamu?

Apa pun bisnis yang Anda geluti, Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Apalagi jika Anda memulai bisnis dengan modal kecil.

Bisnis dengan modal kecil biasanya identik dengan bisnis sederhana. Namun, bukan berarti manfaatnya kecil, ya.

2. Alokasikan modal usaha secara tepat

Hal berikutnya yang harus dilakukan setelah menentukan jenis usaha dan melakukan riset pasar adalah mengalokasikan modal usaha secara tepat. Ada dua jenis modal yang perlu diperhatikan.

Pertama, beban modal, yaitu modal yang digunakan untuk membeli perlengkapan, kendaraan, atau perlengkapan usaha.

3. Tentukan Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis sebenarnya memberikan kontribusi yang besar terhadap pengeluaran bisnis. Apalagi, semakin strategis lokasi bisnis, semakin mahal biaya sewanya. Ini menjadi kendala bagi banyak pebisnis pemula.

Jika Anda akan memulai bisnis, mengapa tidak membuka bisnis rumahan saja? Misalnya, jika Anda suka memasak, maka bisnis yang tepat adalah membuka katering.

ya itu hanya bisnis rumahan, bisakah kamu menyewa ruko sendiri di tempat yang lebih strategis nanti?

4. Carilah Bahan Baku Yang Berkualitas, Tapi Murah

Bagi Anda yang berjualan makanan dan minuman, bahan baku tentunya akan menunjang bisnis Anda. Jika tidak ada bahan baku, apa yang akan Anda berikan kepada pembeli?

Jika Anda akan memulai bisnis, cobalah cari supplier yang mampu menyediakan bahan baku berkualitas tapi dengan harga murah. Anda bisa mencarinya di internet, atau mencari referensi dari teman pebisnis lain.

Usahakan untuk menegosiasikan harga dan bila perlu bentuk kemitraan dengan para pemasok tersebut agar Anda tidak perlu khawatir dengan pasokan bahan baku untuk bisnis Anda di kemudian hari.

5. Gunakan Peralatan Lama Yang Masih Cocok Digunakan

Salah satu pos pengeluaran yang bisa Anda tekan saat memulai bisnis adalah menggunakan peralatan lama yang masih layak pakai. Selain itu, Anda juga bisa membeli barang bekas yang masih berkualitas baik.

Misalnya, Anda menjadikan ban bekas sebagai tempat duduk atau meja, menggunakan kayu bekas untuk membuat rak buku atau dekorasi di toko, dan lain sebagainya.

6. Haruskah Saya Merekrut Karyawan?

Untuk memulai bisnis dengan modal kecil, ada baiknya Anda mengandalkan kemampuan Anda sendiri untuk berbisnis terlebih dahulu. Ini karena mempekerjakan karyawan sama dengan mengeluarkan uang ekstra untuk membayar gaji mereka.

Jika Anda mampu menjalankan bisnis sendiri tanpa bantuan siapa pun, mengapa tidak mencobanya dulu? Jika Anda kurang efisien dan perhatian Anda terganggu, maka Anda berpikir untuk mempekerjakan karyawan untuk membantu Anda.

7. Lakukan Promosi Melalui Media Sosial

Jika Anda tidak memiliki budget lebih untuk memasang iklan di baliho, spanduk, atau media iklan lain yang harganya cukup mahal, mengapa tidak memanfaatkan media sosial?

Media sosial adalah salah satu media paling kuat dalam memasarkan produk Anda. Misalnya, baru-baru ini Anda membuka bisnis kopi di kawasan Jakarta Selatan yang notabene memiliki banyak pesaing.

Jangan lupa, Instagram Ads juga bisa kamu optimalkan untuk menarik pelanggan baru.

Nah, Itulah 7 strategi jitu memulai bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda terapkan.

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: