Menginginkan Investasi Menguntungkan? Ketahui dulu hal berikut Ini

Masgesang.com Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi dan menambah kekayaan. Berbagai jenis investasi menguntungkan juga dapat disediakan, dan dapat Anda pilih sesuai dengan tujuan. Apabila dibandingkan dengan negara maju lainnya, minat masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di dunia masih tergolong rendah.

Rendahnya minat untuk melakukan nvestasi di negara Indonesia tentu tidak terlepas dari pikiran masyarakat yang masih percaya bahwa melakukan investasi hanya dapat dilakukan orang kaya. Namun paradigmanya terus berubah. Sekarang, masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah semakin mudah diakses untuk berinvestasi.

Hal ini tentu saja berdampak signifikan terhadap pertumbuhan dari investasi Indonesia. Pendidikan keuangan yang lebih adil juga bisa membantu meningkatkan kesadaran publik akan seberapa pentingnya melakukan investasi.

Menginginkan Investasi Menguntungkan? Ketahui dulu hal berikut Ini

Perkembangan Investasi Menguntugkan Di Indonesia

Tiap tahunnya, investasi di negara Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang meningkat dan cukup baik. Kemudahan investasi menjadi salah satu yang jadi pemicunya. Modal besar memang seringkali jadi kendala, tapi sekarang hal itu tidak lagi jadi alasan. Nyatanya, kini sudah semakin banyak alat investasi yang bisa dibeli dengan harga lebih murah.

Badan Koordinasi Penanaman Modal telah mencatat mulai tahun 2017 – 2018 jumlah orang yang melakukan investasi di negara Indonesia cenderung meningkat. Di awal tahun 2019, terlihat jumlah investasi mengalami peningkatan juga.

Pada 2019 ini sendiri, pemerintah optimistis investasi bisa mencapai pertumbuhan dua digit. Berakhirnya masa pemilu juga dinilai akan mendorong investor untuk mulai mengambil langkah konkrit setelah memilih menahan dalam jangka waktu tertentu.

Menginginkan Investasi Menguntungkan? Ketahui dulu hal berikut Ini

Jangka Investasi Menguntungkan yang Perlu Anda Ketahui

Sejumlah besar alat investasi yang saat ini tersedia memberi investor lebih banyak pilihan. Tapi harus dipahami bahwa tidak semua alat investasi pas untuk semua orang. Biasanya beberapa hal ini yang perlu Anda perhatikan saat memilih sarana investasi. Selain dari tujuan investasi dan profil risiko, Anda wajib mempertimbangkan jangka waktu saat investasi.

Dari segi jangka waktu, investasi dibagi jadi dua jenis. Yuk langsung saja simak penjelasannya:

Investasi menguntungkan – Investasi jangka pendek

Jenis investasi ini memiliki jangka waktu yang pendek dan dapat memperoleh keuntungan setelah 3 hingga 12 bulan. Jenis investasi ini biasa disebut juga investasi sementara, atau sekedar untuk memastikan terselenggaranya dana sambil menunggu peluang investasi lain muncul dengan relatif return yang lebih ideal.

Setidaknya ada dua karakteristik yang menjadikan sarana investasi sebagai investasi jangka pendek. Pertama, investasi harus berkualitas tinggi. Kedua, alat investasi harus sangat likuid dan mudah dibeli kembali.

Meskipun investasi jangka pendek terlihat begitu sempurna pada pandangan pertama, ia juga memiliki sisi negatifnya. Dibandingkan dengan investasi jangka panjang, tingkat pengembalian investasi jangka pendek relatif rendah. Ada berbagai investasi yang termasuk dalam kategori ini. Reksa dana juga salah satunya.

Investasi menguntungkan – Investasi jangka panjang

Alat investasi apa pun yang termasuk dalam kategori ini akan memakan waktu beberapa tahun untuk mulai menghasilkan pengembalian. Umumnya, investor harus menahan dan menahan investasinya selama maksimal 10 tahun sebelum menjual dan merealisasikan pengembalian.

Faktanya, hanya ada sedikit investasi jangka panjang yang hanya dapat dibeli tanpa dijual kembali. Meskipun membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menghasilkan pengembalian, investasi jangka panjang biasanya memiliki tingkat pengembalian yang lebih baik daripada investasi jangka pendek. Namun akibatnya, risiko yang diambil biasanya lebih tinggi.

Untuk memaksimalkan potensi investasi jangka panjang, Anda harus memiliki modal yang cukup. Selain itu, Anda harus menerima kenyataan bahwa investasi jangka panjang dapat terus merugi dalam beberapa tahun pertama.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan investasi tersebut, diperlukan analisis yang cukup mendalam. Ada banyak sarana investasi yang termasuk dalam kategori investasi jangka panjang. Salah satu yang sangat populer adalah investasi saham.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: