Cara Mudah Membuat Rencana Bisnis Anda

Membuat Rencana Bisnis. Memiliki bisnis atau usaha sendiri merupakan salah satu impian banyak orang karena dianggap dapat bekerja tanpa harus bergantung pada siapapun, kecuali diri Anda sendiri.

Untuk memiliki bisnis yang sukses, Anda perlu mempersiapkan sebuah rencana atau yang sering disebut dengan rencana bisnis atau business plan.

Membuat Rencana Bisnis Anda

Rencana bisnis dianggap sebagai hal terpenting ketika Anda ingin memulai bisnis. Rencana bisnis ibarat peta jika Anda ingin memulai perjalanan.

Diperlukan rencana bisnis agar Anda dapat memiliki modal untuk membuka usaha. Anda bisa menunjukkan business plan Anda kepada investor, agar mereka mau berinvestasi di bisnis Anda.

Cara Mudah Membuat Rencana Bisnis 2021

Cara Mudah Membuat Rencana Bisnis Anda
Business planning

Berikut beberapa cara membuat business plan yang bisa Anda terapkan sebelum memulai bisnis atau bisnis sendiri.

1. Siapkan ringkasan eksekutif

Pada bagian pertama cara membuat rencana bisnis yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan ringkasan eksekutif. Apa itu ringkasan eksekutif? Pada bagian ini Anda harus bisa menceritakan tentang bisnis yang akan Anda buka. Jelaskan seperti apa bisnis Anda, inovasi yang ada, dan kapan memulai bisnis.

2. Buat latar belakang bisnis / bisnis

Langkah selanjutnya dalam membuat business plan adalah mendeskripsikan latar belakang bisnis atau bisnis yang akan Anda jalankan.

Dengan latar belakang ini Anda bisa mulai dengan menulis sejarah, pihak-pihak yang terlibat, kondisi keuangan, rencana pengembangan, produk, dan uraian lain tentang bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan produk apa yang akan Anda buat, keunggulannya, pesaing bisnisnya, dan keunggulan produknya.

3. Lakukan analisis pasar dan pemasaran

Pada bagian ketiga tentang cara membuat rencana bisnis, Anda dapat mengetahui tentang target pelanggan dari bisnis yang Anda jalankan.

Pada bagian ini Anda juga perlu memberikan analisis kuantitatif dan kualitatif terkait dengan kondisi pasar, karakteristik produk, tingkat persaingan, strategi promosi, dan juga harga.

4. Analisis produk

Setelah Anda selesai menjelaskan analisis pasar, Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang produk yang akan Anda pasarkan.

Analisis produk yang lebih detail biasanya akan membuat pemberi pinjaman, baik investor maupun bank, lebih tertarik untuk memberikan dana sebagai modal untuk Anda.

5. Analisis manajemen

Langkah selanjutnya dalam membuat rencana bisnis adalah membuat garis besar daftar dan struktur manajemen untuk bisnis yang akan Anda jalankan.

Beberapa poin penjelasan selain analisis dan struktur manajemen adalah rincian jumlah karyawan dan tugasnya, sistem penggajian karyawan, serta kelebihan dan kekurangan dari manajemen ini.

6. Analisis keuangan

Bagian terakhir dari rencana bisnis adalah analisis keuangan. Pada bagian ini Anda perlu mendeskripsikan kondisi keuangan perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan.

Selain itu, Anda juga perlu menceritakan tentang proyeksi dana ke depan. Dalam membuat analisis keuangan ini Anda perlu menyampaikannya secara jujur ​​agar calon penyandang dana bisa mengetahui sejauh mana kekuatan finansial bisnis Anda.

Baca juga: Cara Sederhana Menemukan Ide Bisnis Inovatif dan Kreativitas

Nah itulah enam langkah bagi Anda yang ingin membuat rencana bisnis. Semoga bisa membantu usaha Anda untuk membuka usaha sendiri!

You May Also Like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: