Investasi Pasar Modal – Sebelum Jadi Investor Ketahui Dulu Jenisnya

Masgesang.com Seorang Investor harus tahu jenis Investasi Pasar Modal. Jika Anda saat ini sudah mulai memiliki keinginan untuk melakukan investasi di pasar modal di negara Indonesia, maka Anda sebagai seorang investor perlu tahu jenis investasi apa yang sudah tersedia dan terdaftar dalam PT Bursa Efek Indonesia.

Kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia mengenai investasi pasar modal, padahal menghasilkan untung yang lebih besar jika Anda bandingkan dengan instrument investasi lain. Ketika ingin mulai investasi Anda ini bisa buka sebuah rekening sekurtias dalam pasar modal tanpa dipungut biaya apapun.

Investasi Pasar Modal – Sebelum Jadi Investor Ketahui Dulu Jenisnya

3 Investasi Pasar Modal Jarang Diketahui

1. Saham

Jenis investasi dalam sebuah pasar modal pertama dan yang paling populer adalah Saham. Saham ini memiliki definisi sebagai tanda untuk penyertaan modal dari seseorang atau bisa pihak tertentu seperti badan usaha untuk sebuah perusahaan atau bisa juga untuk perseroan terbatas.

Saham ini akan memiliki bukti berupa surat yang berharga, hal ini bertujuan bagi bukti kepemilikan seseorang terhadap institusi atau perusahaan. Keuntungan ketika bermain dengan saham terletak di selisih harga ketika Anda membelinya dan ketika Anda menjualnya. Naik turun dari harga saham tentu saja dipengaruhi oleh fundamental dan juga teknikal.

2. Exchange Traded Fund – Investasi Pasar Modal

Produk EXT mungkin saja jarang sekali Anda dengar, apalagi jika Anda ini baru masuk ke dunia investadi. Investasi jenis ini adalah sebuah investasi yang cukup mirip dengan reksadana, hal yang membedakannya investasi ini diperdagangkan sama seperti investasi saham.

ETF adalah sebuah reksadana yang berbentuk kontrak bagi investasinya dilakukan secara bersama, unit penyertaannya juga diperdagangkan dalam bursa sama percis seperti saham. investasi iETF adalah penggabungan dari unsur reksadana dalam segi pengelolaannya tapi menggunakan mekanisme saham ketika transaksi jual atau beli.

3. Derivatif

Instrument yang terakhir juga pastinya sudah tercatat resmi, tapi mungkin investasi ini juga masih belum dikenal atau di mengerti bentuknya. Derivatif ini merupakan sebuah kontrak secara finansial yang dilakukan oleh dua belah pihak atau bisa juga lebih. Kontrak ini dilakukan guna memenuhi janji ketika membeli/menjual sebuah aset.

Kontrak ini juga kemudian dijadikan sebuah obyek untuk di dagangkan dengan harga yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Nantinya nilai dari kontrak tersebut di masa yang akan datang tentunya akan dipengaruhi oleh harga aset dan juga komoditas utama yang tersedia di dalam spot market.

Investasi Derivatif yang tersedia dan terdaftar adalah derivatif keuangan, jenis variabel yang jadi dasarnya merupakan sebuah instrumen keuangan. Bisa berupa:

  • Indeks saham
  • Obligasi
  • Indeks obligasi
  • Tingkat suku bunga
  • Saham
  • Mata uang

Jenis instrumen untuk derivatif memang cukup sering digunakan para investor ketika mereka melakukan hedging untuk membuat portofolio mereka.

Ini dia beberapa alat investasi yang terdaftar secara resmi. Anda dapat melakukan investasi yang sudah masgesang.com rangkum untuk berinvestasi dalam pasar modal. Karena sebuah pasar modal memegang peranan penting dalam perekonomian , karena mempunyai dua fungsi yaitu jadi sarana pembiayaan komersial atau jadi perusahaan memperoleh uang dari kelompok investor.

Harap pertimbangkan dengan sangat baik ya sebelum Anda memutuskan untuk memiliki investasi mana yang akan dipilih. Sesuaikan juga kebutuhan dan situasi keuangan Anda. Jadi tunggu apalagi? Investasikan sekarang!

Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai berbagai informasi tentang investasi, Anda bisa membaca berbagai artikel yang ada disini secara gratis lho!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: