Cara Menabung Di Celengan dan kelebihan yang Kamu Dapatkan

Masgesang.com – Cara menabung di celengan. Walaupun terdapat biaya administrasi tiap bulanannya, kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk menyimpan uang mereka di bank. Hal yang satu ini memang sangat wajar, kerena sudah bank yang memberikan fasilitas untuk berbagai transaksi.

Walaupun begitu menabung dicelengan ini sudah sudah ditinggalkan. Mau bagaimanapun, jika kita dibandingkan ketika menabung di bank atau menabung di celengan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Tidak bisa kita pungkiri pastinya saat ini masih ada orang yang menggunakan celengan. Pengguna celengan juga terdiri dari semua kalangan, mulai dari anak-anak dan juga orang dewasa. Untuk menabung dicelengan ini tidak harus selalu uang koin yang kamu tabung, uang kertas pun bisa. Walaupun memang pada kenyataannya orang-orang banyak yang menabung uang receh.

Pada kesempatan kali ini masgesang.com akan membahas mengenai kelebihan dan juga kekurangan ketika menabung dicelengan. Yuk langsung saja simak penjelasannya.

Cara Menabung Di Celengan dan kelebihan yang Kamu Dapatkan

Cara Menabung Di Celengan

1.Tidak ada biaya administrasi

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan adalah tidak adanya potongan untuk biaya administrasi, walaupun ketika menabung dibank juga ada yang gratis. Tapi bank yang tidak ada potongan administrasi sangat jarang. Rata-rata tiap bank menerapkan biaya administrasi antara Rp10.000 sampai Rp20.000 tiap bulannya. Biaya tersesebut akan langsung dipotong secara otomatis oleh bank.

Tapi bagaimana jika saldo dalam rekeningg kamu sedang kosong? Pada syarat dan juga ketentuan salah satu bank, apabila saldo nasabah yang dimiliki nasabah cukup untuk biaya administrasi dalam kurun waktu tiga bulan dan secara berturut-turut, maka rekening kamu akan ditutup secara sepihak oleh pihak bank tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Hal tersebut tentunya cukup berbeda ketika menabung di celengan. Kamu hanya perlu membeli celengan satu kali saja diawal. Harganya celengan juga relatif murah. Bahkan jika kamu ingin lebih hemat lagi kamu bisa bikin celengan sendiri loh dari barang bekas yang tersedia di rumah.

2.Cara menabung di celengan waktunya fleksibel

Keuntungan kedua yang bisa kamu dapatkan ketika menabung di celengan yaitu waktunya fleksibel, jadi bisa kamu lakukan kapan saja. Dengan kata lain, kamu bisa menasukan uang ke celengan pada pagi, subuh atau sore hari. Bangun tanpa mandi juga tidak akann menjadi masalah.

Sedangkan untuk bank hanya dapat menyetor uang tunai ketika sendang buka. Tepatnya pada jam kerja sekitar pukul 07.30 sampai 16.00. Bank ini akan tutup diluar jam kerja termasuk hari Minggu dan hari libur nasional. Waktunya sangat terbatas, selain itu jika datang ke bank juga dan tidak jarang kamu masih harus mengantri lama.

Dengan adanya perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak bank di indonesia yang menyediakan mesin untuk setor tunai. Buat yang belum tau, mesin setor tunai ini mirip dengan mesin ATM biasanya. Mesin yang satu ini memiliki fungsi untuk menyetor uang tunai tapi kamu tidak perlu datang ke teller. Mesin ini juga bisa digunakan 24 jam sehari. Tapi masih sangat disayangkan, jumlah mesin ini masih sangat terbatas.

3. Tidak ada batasan minimal

Jika dibandingkan dengan celengan kamu bisa menyimpan uang dengan gratis, aturan menyimpan uang di bank memang lebih ketat. Misalnya tentang jumlah yang bisa kamu tabung. Pihak Bagi bank, mengaruskan kamu membuat setoran awal saat membuka rekening sebesar Rp. 250.000 sampai Rp. 500.000, nah untuk setoran minimum berikutnya adalah Rp 50.000.

Bagaimana jika dibandingkan dengan menyimpan uang dalam celengan? Inilah satu dari sekian keuntungan yang bisa kamu dapatkan yang tidak bank miliki. Kamu bebas mau menabung uang dengan jumlah berapapun.

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: