Cara Cerdas Bagaimana Memulai Usaha Pakaian Brand Sendri

Memulai Usaha Pakaian. Persaingan yang ketat di bisnis sandang jangan sampai membuat Anda takut dan “kalah sebelum memulai pertarungan”. Anda masih bisa sukses di bisnis fashion jika Anda tahu cara memulai merek pakaian dan menjalankannya dengan cerdas.

Bagaimana Memulai Usaha Pakaian

Cara Cerdas Bagaimana Memulai Usaha Pakaian Brand Sendri

Apakah Anda tertarik dengan fashion dan ingin mengembangkan Usaha Pakaian Anda? Namun, sebaiknya simak tips cerdas berikut ini.

1. Konsep Matang

Langkah pertama memulai merek pakaian adalah membuat konsep yang matang. Konsepnya harus eksklusif dan berbeda dari yang lain. Ini adalah salah satu cara agar pakaian yang Anda jual memiliki nilai lebih dari produk pesaing Anda. Setelah membuat konsep, langkah selanjutnya adalah melakukan survei pasar tentang konsep yang dibuat.

Tujuan survei adalah untuk mengetahui berapa banyak calon pelanggan yang tertarik dengan produk Anda. Misalnya, Anda ingin menjual baju khusus berukuran besar. Untuk konsepnya, Anda bisa meniru orang lain tapi tetap ada nilai lebih pada produk Anda. Dengan kata lain, merek pakaian Anda yang berukuran besar pasti memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh merek lain.

2. Desain Tata Busana

Setelah mempersiapkan konsep penjualan dengan cermat, langkah selanjutnya untuk memulai brand baju adalah menentukan desain fesyen semenarik mungkin. Desain busana juga disarankan untuk memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh desainer lain. Anda juga perlu memikirkan matang-matang apakah desain tersebut akan laku di pasaran dan siapa yang menjadi target pasarnya.

Jika perlu, lakukan survei pasar untuk mengetahui tanggapan calon pelanggan tentang desain yang Anda buat. Juga pikirkan tentang biaya produksi. Ingat, semakin rumit desainnya, semakin mahal biaya produksinya. Harga pokok produksi menentukan harga jual.

Baca juga: Cara Sederhana Menemukan Ide Bisnis Inovatif dan Kreativitas

3. Logo Produk

Meski hanya berbentuk corat-coret, misalnya, logo sangat penting untuk memulai pemasaran merek pakaian. Logo yang tercetak pada baju terkadang membuat bangga pemakainya. Namun, logo sebagai cermin karakter merek tidak serta merta memiliki nilai yang tinggi. Logo yang membanggakan konsumen dicapai melalui proses kampanye promosi yang panjang.

Untuk membuat logo yang menarik, sebaiknya tanyakan pendapat teman sebagai target market merek Anda. Tujuannya untuk mengetahui apakah logo yang Anda buat menarik konsumen.

4. Proses Produksi

Anda telah membuat konsep, desain, dan logo. Sekarang saatnya untuk mulai memproduksi merek pakaian Anda. Pertanyaan selanjutnya, misalnya, berapa banyak kaos yang akan Anda produksi untuk setiap desain, ukuran, dan warna. Dengan mengikuti harga pasar, semakin sedikit Anda memproduksi jumlah kaos semakin sedikit margin keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Namun, jumlah yang sedikit akan membuat merek Anda lebih eksklusif, yang berarti nilai merek Anda semakin tinggi. Anda bisa menetapkan harga tinggi untuk setiap barang yang Anda buat. Namun, itu bukanlah pilihan bijak untuk merek baru kecuali target pasarnya adalah kelas menengah ke atas.

5. Pemasaran

Langkah terakhir adalah memasarkan merek pakaian Anda. Ada dua saluran pemasaran yang bisa Anda gunakan, yaitu saluran online dan offline. Anda akan menemukan keuntungan dan kerugian untuk setiap saluran. Saluran offline, misalnya, menciptakan tingkat kepercayaan pelanggan yang tinggi karena pelanggan tahu di mana mereka harus mencari produk pakaian Anda.

Kurangnya saluran offline adalah tingginya biaya sewa dan promosi toko. Untuk jalur online, kelebihannya, biaya pemasaran relatif lebih rendah. Biaya promosi juga lebih rendah daripada saluran offline karena Anda dapat menggunakan situs web untuk penjualan atau promosi.

Kerugian dari saluran online adalah pelanggan tidak memiliki pengalaman sebelum membeli suatu produk. Keraguan terhadap proses pembayaran dan pengiriman dapat menurunkan tingkat kepercayaan konsumen.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Rencana Bisnis Anda

Cara memulai Usaha Pakaian tidak terlalu sulit. Anda hanya butuh kesabaran. Untuk meraih kesuksesan dalam membangun bisnis fashion, dibutuhkan proses yang panjang dan berliku. Anda bisa melewati semua itu dengan perjuangan dan kesabaran yang kuat.

You May Also Like

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: