Apa yang Dimaksud Ide Pokok? Jelaskan!

Bagaimana kita dapat menemukan ide pokok?

Setelah Kamu dapat menemukan topiknya, Kamu bisa untuk menemukan ide pokoknya. Ide pokok adalah inti paragraf, yaitu pemikran terpenting tentang topik tersebut.

apa yang dimaksud dengan ide pokok paragraf, apa yang dimaksud dengan ide pokok suatu bacaan, apa yang dimaksud dengan pikiran pokok, apa yang dimaksud ide pokok, apa yang dimaksud ide pokok paragraf, apa yg dimaksud dengan ide pokok, apa yg dimaksud ide pokok, apakah yang dimaksud ide atau gagasan pokok paragraf, jelaskan apa yang dimaksud dengan ide pokok, ok google apa yang dimaksud dengan ide pokok

Untuk mengetahui ide pokok, tanyakan pada diri Kamu sendiri pertanyaan ini: Apa yang dikatakan tentang orang, benda, atau ide (topik)?

Di sini kami dapat menemukan ide pokok di berbagai tempat dalam sebuah paragraf. Ide pokok biasanya berupa kalimat, dan biasanya kalimat pertama. Penulis kemudian menggunakan sisa paragraf untuk mendukung gagasan pokok.

Ide pokok sebuah cerita akan berhubungan erat dengan tema dan topiknya, tetapi ide pokoknya bukanlah sekedar topik atau tema – keduanya menjawab “apa”. Ide pokok cerita mencakup tindakan – “bagaimana” – dan motivasi di baliknya – “mengapa”. Untuk menemukan tema cerita, tanyakan pada diri Kamu apa pernyataan universal dalam karya tersebut dan “bagaimana” dan “mengapa” karya tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Ide Pokok Paragraf

Ide pokok merupakan titik sentral atau pemikiran yang ingin dikomunikasikan penulis kepada pembaca. Ide utamanya, menjawab pertanyaan, “Apa yang penulis ingin saya ketahui tentang topik ini?” atau “Apa penulisnya mengajari saya?” Seringkali penulis menyatakan ide pokok atau gagasan utama dalam satu kalimat.

Dalam paragraf, ide pokok yang dinyatakan adalah disebut kalimat topik. Dalam sebuah artikel, ide pokok yang dikemukakan disebut pernyataan tesis. Saat penulis tidak menyatakan ide pokok secara langsung, itu disebut ide pokok sisipan.

Ide pokok yang tersirat mengharuskan Anda untuk melihat pada pernyataan spesifik dalam paragraf dan pertimbangkan ide apa yang mereka sarankan.

Mengapa mengidentifikasi ide pokok penting?

Menemukan ide pokok adalah kunci untuk memahami apa yang Kamu baca. Ide pokok mengikat semua kalimat di paragraf atau artikel bersama. Setelah Kamu mengidentifikasi ide utamanya, semua hal lain dalam bacaan harus sesuai tempat. Sisa bacaan adalah bukti yang diberikan untuk mendukung gagasan utama itu.

Contoh Ide Pokok

Mari gunakan paragraf di bawah ini sebagai contoh. Pertama temukan topiknya, kemudian cari ide pokoknya.

Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk dihabiskan di Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis adalah pantai dengan pasir lembut berwarna terang. Garis pantainya sangat panjang dan banyak orang menikmati berjalan-jalan di sepanjang itu. Anak-anak suka bermain ombak dan berjalan di sepanjang bebatuan yang terlihat saat air surut. Ini adalah pantai yang menyenangkan bagi orang-orang dari segala usia.

Dalam paragraf ini:

Topiknya adalah Pantai Parangtritis

Ide pokoknya (apa yang dikatakan penulis tentang topik tersebut) adalah bahwa musim kemarau adalah waktu yang indah di Pantai Parangtritis.

Ini contoh lainnya:

Film Apollo 13 adalah blockbuster untuk musim panas 1995. Film ini adalah cerita yang menarik tentang eksplorasi ruang angkasa. Dalam film tersebut, para astronot mendapat masalah saat mereka mencoba kembali ke Bumi. Orang-orang di antara penonton berada di ujung kursi mereka menunggu untuk melihat apa yang terjadi. Yang membuatnya lebih menarik adalah bahwa ini adalah kisah nyata.

Dalam paragraf ini:

Topiknya adalah film Apollo 13

Ide utamanya ada di kalimat pertama: Apollo 13 adalah film laris untuk musim panas 1995

Meskipun ide pokok biasanya ada di kalimat pertama, penempatan paling umum berikutnya ada di kalimat terakhir paragraf. Penulis memberikan informasi pendukung terlebih dahulu dan kemudian mengemukakan poinnya di kalimat terakhir.

Lihat apakah Anda dapat menemukan topik dan gagasan utama dalam paragraf di bawah ini.

Indonesia tampaknya sedang jatuh cinta dengan gagasan pergi belanja. Karena itu, banyak toserba atau toko serba ada dan minimarket yang berspesialisasi dalam semua jenis keperluan keluarga. Alfamart adalah raja dari minimarket.

Kemungkinannya adalah, di mana pun Anda tinggal, ada restoran Alfamart di dekat Anda. Bahkan ada Alfamart di Pedesaan.

Dalam paragraf ini:

Topiknya adalah Alfamart

Ide utamanya ada di tengah paragraf, di kalimat ketiga: Alfamart adalah raja minimarket.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: